Subscribe:

Friday, October 29, 2010

Membuat Database menggunakan SQL Management Studio (SMS)


Jika Anda ingin menggunakan SMSS, aplkasi ini harus diinstal terlebih dahulu karena secara default sewaktu install Visual Studio 2005, SMSS tidak diinstall. Berikut cara membuat database menggunakan SMSE.

1.       Jalankan aplikasi SMSE, lakukan login.
Anda bisa melakukan login dengan menggunakan Windows Authentication
Atau dengan menggunakan SQL Server Authentication
2.       Setelah Anda berhasil login ke SQL Server, maka Anda dapat membuat database dengan melakukan klik kanan pada Databases > kemudian klik New Database…
3.       Masukkan nama database pada Database name:, kemudian klik tombol OK
4.       Jika database telah berhasil dibuat maka sekarang untuk membuat tabel klik [nama database] > klik kanan pada Tables > kemudian klik New Table…
5.       Masukkan field yang diperlukan kemudian klik tombol Save (Ctrl+S)
6.       Masukkan nama tabel yang dibuat kemudian klik tombol OK
7.       Secara default file database yang dibuat akan berada pada Drive C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL.X\MSSQL\Data (X merupakan nomor urutan instance, biasanya jika Anda tidak membuat instance lainnya maka X=1). Database yang Anda buat terdapat 2 file yaitu .mdf dan .ldf. NB: Untuk menghindari database hilang jika terjadi kerusakan pada OS maka sebaiknya database dipindahkan ke drive lainnya misalnnya D:
8.       Sebelum Anda memindahkan database (.mdf & .ldf) Anda harus melakukan detach database (melepaskan database dari SMSE) terlebih dahulu. Klik kanan pada database yang Anda buat > kemudian pilih Tasks > klik Detach…
9.       Jika detach berhasil, pindahkan file .mdf & .ldf pada langkah nomor 7 ke-drive yang Anda inginkan.
10.   Sekarang attach kembali database yang telah Anda buat sebelumnya, klik kanan pada Databases > klik Attach…
11.   Pilih lokasi dimana tempat Anda memindahkan file database, hanya file .mdf yang muncul, kemudian klik OK.
12.   Setelah selesai memilih lokasi database, akan muncul jendela seperti di bawah, klik OK.
Jika terjadi error, hal ini terjadi karena secara default SQL Server Log On As adalah Network Service, lakukan penggantian Log On As menjadi Local System, caranya disini.
13.   Silahkan refresh database dengan klik kanan pada Databases > kemudian klik Refresh. Maka akan tampak database yang di-attach sebelumnya dalam keadaan Read-Only, lakukan detach database tersebut.
14.   Jika Anda sudah mengganti Log On As menjadi Local System dan database yang Read-Only, silahkan coba attach kembali database dari langkah nomor 10.

~ Semoga Bermanfaat ~

Download File PDF : DOWNLOAD

No comments: